Dinas Sosial Siapkan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat

Martapura, InfoPublik – Tiga pekan sudah status tanggap darurat diberlakukan di Kabupaten Banjar akibat penyebaran virus Covid-19 atau corona, melalui Gugus Tugas Penanganan Bencana Non-Alam Covid-19 Kabupaten Banjar kembali gelar konferensi pers (Vidcon) di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Senin (13/4/2020).

Terpantau pada data update pukul 14.00 WITA mengalami penurunan pada ODP dari 94 menjadi 89 ODP, PDP tetap 0 orang dan kasus positif tetap 4 orang dengan 33 orang yang kontak erat dengan pasien positif tersebut.

Dipimpin Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto yang juga selaku Wakil Ketua Gugus Tugas di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Dr Diaduddin, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Aidil Basith, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar H Irwan Kumar serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar H. Ahmadi.

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker pada saat keluar rumah.

“Kita akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar memakai masker saat keluar rumah, karena masih ada 50 persen dari masyarakat masih tidak menggunakan masker,” ucapnya.

Dr Diauddin mengatakan, sudah ada 250 Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian yang tiba di Kabupaten Banjar, juga ada obat-obatan.

“Benar, sudah ada 250 APD yang datang nantinya akan diserahkan ke Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura serta puskesmas-puskesmas yang ada di Kecamatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial H Rahmadi mengatakan, Dinas Sosial sudah melakukan langkah-langkah upaya dalam rangka penanganan Covid-19 ini, diantaranya sebagai berikut:

1. Telah meningkatan bantuan program sembako menjadi 200 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan sampai dengan bulan Desember.

2. Percepatan penyaluran bantuan keluarga harapan.

3. Kementerian Sosial menyediakan cadangan beras kepada Kabupaten Banjar sebesar 100 ton dalam se tahun, diantaranya yaitu yang terkena dampak atau positif, odp, pdp, zona merah, zona karantina dan disabilitas.

4. Kementerian Sosial memberikan santunan kepada ahli waris yang dimana keluarganya meninggal akibat virus Covid-19 yaitu sebesar 15 juta per jiwa.

5. Dinas Sosial akan memberikan dukungan 100 APD yang akan diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura.

Kepala Dinas BPBD Kabupaten Banjar H Irwan Kumar menambahkan, BPBD sudah bergerak membantu masyarakat dalam penyemprotan disinfektan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. (MC Kominfo Banjar/Rzq/Ags)

You might also like More from author